Welcome To Blog Pribadi


OBAHE RAHSO SAMPURNANE TAKDIR

Kamis, 17 Maret 2011

Cara meng-edit tag MP3 dengan Winamp



Winamp selain sebagai pemutar musik atau video dapat juga Anda manfaatkan untuk merubah tag atau informasi dari koleksi MP3 Anda, pekerjaan tersebut bisa di lakukan sambil memutar file MP3 kesayangan Anda, kebanyakan informasi dari lagu MP3 yang kita miliki masih kacau, Title, album, nama artis, tahun pembuatan, urutan lagu dan lain sebagainya. Dengan klik kanan biasa Anda hanya bisa merubah nama file tersebut, sedangkan informasi yang ada didalamnya tidak bisa Anda rubah secara langsung, untuk merubahnya Anda memerlukan bantuan software khusus misalnya MP3 tag, dengan mempergunakan Winamp hal tersebut juga bisa dilakukan dengan mudah termasuk juga Anda bisa merubah file gambar dalam suatu lagu dengan foto Anda sendiri atau logo buatan Anda, hal ini biasa dilakukan counter celluler atau website untuk tujuan promosi, jangan mau ketinggalan, sambil mendengarkan lagu MP3 ikuti tips berikut ini untuk merubah tag/informasi file MP3 kesayangan Anda.

1. Buka Winamp, jika playlist masih kosong klik tab file dan klik play file atau folder, cari tempat Anda meletakkan file MP3, pilih beberapa lagu sekaligus sambil menahan tombol Ctrl.
2. Mainkan lagu seperti biasa, kini Anda bisa mengedit lagu MP3 yang sedang tidak dimainkan , klik kanan pada lagu tersebut atau klik satu kali untuk highlight kemudian tekan tombol kombinasi Alt + F3.
3. Kini Anda sudah bisa mulai mengedit lagu tersebut, secara default yang tampil adalah tab Basic info, isikan track untuk mengurutkan lagu, Title dengan judul lagu, Artist dengan nama penyanyinya atau kalau Anda suka tulis saja dengan nama Anda :P Album dengan nama Album tersebut dan seterusnya, Anda bisa mencoba-coba sendiri, Anda bisa juga meng-klik Auto tag pada pojok kanan bawah namun menurut pengalaman saya informasinya malah lebih kacau, lebih baik Anda mengisinya manual.
4. Pada tab kedua Artwork, Anda bisa mengisikan dengan gambar atau foto yang sudah Anda siapkan sebelumnya, klik load artwork untuk mencari gambar pada komputer Anda, sebaiknya ukuran gambar tersebut jangan terlalu besar agar ukuran file MP3 tersebut tidak bertambah besar.
5. Pada tab ID3v1 (format tag) sama halnya dengan basic info , bisa Anda isikan juga untuk makin melengkapi informasi lagu tersebut, click copy to ID3v2 apabila informasi yang Anda tuliskan sama sekaligus menyingkat waktu.
6. Klik ok untuk menyimpan perubahan, mainkan kembali lagu tersebut, kini saat dimainkan informasi lagu atau tag lagu tersebut sudah berubah sesuai dengan yang Anda isikan bahkan foto yang Anda upload juga ikut ditampilkan, untuk meyakinkan Anda, browser ke tempat Anda menyimpan file MP3 tersebut lihat secara detail (klik view, detail), selamat mencoba !
Apabila belum memiliki winamp, Anda bisa mendownload disini untuk full version

0 komentar:

Posting Komentar